Large Rainbow Pointer

Senin, 11 April 2011

astrogirl?

Ilustrasi rasi bintang oleh Stellarium
Welcome to Astronomy Class!!

Yeah subjek 'ajaib' di SMA, dengan fisikanya yang tingkat tinggi, matematikanya yang maha cantik angkanya, hafalan dan pemahamannya yang ces't super lah....

Just for info, astronomi ini masuk subjek yang diujikan di Olimpiade Sains Nasional, bersama Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, dan Penelitian. Pembinaan olimpiade di sekolahku disebut DSC, singkatan dari Delayota Science Club. Dan aku gabung di astro ayey!




Walau iya sih materi yang diajarkan beda banget sama yang diajarkan sehari-hari di sekolah, namun di situ uniknya. Emang sih lebih rumit dari subjek lainnya. Kalau udah berhadapan ama fisikanya angkat tangan deh, jawab 'Takdir Tuhan'. Lho iya kan? Semua hal kalau Tuhan berkata 'kun fa yakun' maka jadilah itu. Beh kalau itu mah pelajaran agama ya hehe.

Tapi banyak pengetahuan asik, seru, dan menarik lho. Astronomi kan ilmu paling misterius selain perdukunan (??). Angkasa luar itu gedee banget. Bumi kalau di tata surya kayak kacang polong, di galaksi uda kayak atom, di cluster, supercluster, blahblah uda ga bisa dibayangkan lagi kecilnya. Padahal Bumi itu rasanya uda gede banget ya.

Materi diskusi yang paling aku suka itu tentang worm hole alias lubang cacing. Hmm aku emang ga suka annelida, tapi kalau cacing satu ini sih seru banget. Kalau yang sering nonton film fiksi ilmiah atau Doraemon pasti tahu wrap, itu yang bisa menempuh jarak super jauh dengan waktu super singkat. Wrap ini kalau kita masuk ke sebuah lubang trus keluar di lubang lainnya. Hmm aku ga  mau ceramah fisika disini, kalau itu yang jago bapak saya. Singkat cerita ada dua massa berbentuk cincin yang gravitasinya gede banget. Kalau masuk ke salah satu massa itu bakal keluar ke massa cincin lainnya. Dua massa cincin itu membelokkan ruang sehingga jarak tempuh lebih pendek.

*Worm hole baru ditemukan secara matematika tapi belum bener-bener ditemukan secara nyata



Nah keluar dari cincin itu ada tiga kemungkinan. Yang paling aman sih dimensi sama waktu sama. Jadi keluarnya di alam kita sekarang ini dan waktu yang sama dengan masuknya. Terus kemungkinan kedua dimensi yang sama waktu yang berbeda, kemungkinan masa depan. Hmm mesin waktu yak. Trus kemungkinan ketiga dimensi lain waktu lain. Hmm alam yang lain?

Pembinaku bilang itulah yang disebut alam semesta paralel.

Jadi ada sebuah teori kalau alam semesta ini ga berdiri sendirian. Bukan planet tapi alam semesta. Jad semesta dengan miliaran bintang dan jutaan galaksi itu, masih ada semesta lainnya. Setelah tanya mbah google, alam semesta itu diumpamakan kelompok gelembung-gelembung, yang gelembung itu semakin membesar.

Temenku bilang gini: kalau alam semesta itu gelembung-gelembung yang saling membesar maka akan ada gelembung yang terdesak dan pecah kan?

Tidak terjawab.

Ya itu adalah diskusi favoritku. Selain itu aku jadi kenal program peta bintang yang sumpah apik banget. Namanya Stellarium. Duh ini aplikasi offline, gratiss, dan keren! Kita bisa liat bintang dari lokasi manapun di bumi bahkan dari planet lain, lengkap dengan informasi bintang dan gambar rasi. Ya pokoknya habis main-main sama aplikasi ini bad moodku ilang :D .

Mars

Hadeh malah promosi gini. Ya asyik ngenet gini saya jadi teringat...

BESOK TES ASTRO!!! Dan mau tahu yang bikin panik? BAKAL DIPILIH 10 ORANG HANYA DARI 13 ORANG. Glek sumfe deh... Wish me luck :)

sumber gambar: http://static.howstuffworks.com/gif/time-travel-wormhole1.jpg
Stellarium App

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada comment ada senyum :)