Large Rainbow Pointer

Senin, 20 Desember 2010

Mau Diet Kurus Atau Diet Sehat?

Resolusi tahun 2010-ku dulu adalah: PENGEN KURUS! And now tinggal kurang dari dua minggu lagi menjelang tahun baru 2011, resolusi itu SAMA SEKALI BELUM TERWUJUD. Hiks...

Kok susah banget ya rasanya mau diet...

Ada satu masalah bagus: diet untuk kurus atau sehat? Ternyata beda! Kalau kurus ya biar kurus, kalau sehat itu biasanya diet terhadap beberapa zat yang sebaiknya memang dikurangi untuk alasan kesehatan.

Lalu hubungannya apa?

Nah kenapa ga digabungin aja? Diet biar kurus tapi juga sehat! So ga perlu menyiksa diri deh buat kurus, toh dengan diet ini juga tubuh jadi sehat. Hahay! Biasanya kan kalau diet dengan satu tujuan kurus dengan menghalalkan berbagai cara, wew, efeknya ga bagus deh. Anda akan kehilangan saat-saat menyenangkan bersama cakes, cokelat, permen, sea foods, makanan-makanan yang seandainya anda abaikan kandungan lemaknya itu sangat nikmat, ya kan? Sebenarnya, sah-sah aja kok kita makan makanan yang termasuk kategori lebih-baik-tidak-dimakan-sama-sekali-kalau-Anda-ingin-bentuk-tubuh-seperti-Chanel-Iman, asalkan kita tahu cara menanggulanginya biar ga menambah angka timbangan. Nah...
  • Puasa
 Asal niatnya jangan buat kurus atau sehat ya, itu poin plusnya. Dengan puasa alat pencernaan akan beristirahat untuk sementara waktu. Dalam usia tertentu karena pencernaan terus bekerja usus bisa cepat aus lho.  Puasa juga menghambat kita buat ngemil banyak-banyak. Begitu buka puasa walau lapar banget usahakan makan kita tetap terkontrol, toh sekali makan juga sudah kenyang kan? Sipp... Pencernaan sehat, Insya Allah langsing dapet, termasuk ibadah lagi!
  • Olahraga 
Iya... Tahu... Tapi males kak... Ga usah repot-repot nak, apalagi kalau memang ga ada budget buat nge-gym. Simple aja sih, misal tiap weekend sepedaan atau jalan-jalan sehat. Ajak keluarga, temen, tetangga, anjing, atau paling ga kalau ga mau sepi MP3 player deh. Jangan lupa bawa minum air putih sendiri, antisipasi kehausan dan hemat duit hehe. Makan dulu sebelum olahraga itu wajib ain, walau cuma makan roti sedikit atau minum susu. Ga lucu kan kalau pingsan di tengah jalan. Lagian kalau makan banyak habis olahraga itu malah bikin berat badan naik, whoaaa...

Fungsi olahraga itu kan untuk membakar lemak dan membuat tubuh aktif bergerak, nah ini ada alternatif buat yang emang males buat olahraga. Buat cewe-cewe nih, jalan-jalan ke mall dengan tujuan window shopping itu oke banget buat cara diet! Masuk-keluar toko, jalan pindah-pindah, nyoba-nyoba baju, nenteng belanjaan, wah walau kelihatannya sepele itu udah termasuk bentuk mengaktifkan tubuh lho. Hihi makanya kalau ngemall jangan cuma nonton trus makan. Atau kalau cuma bisa di rumah dan ga ada duit untuk beli alat olahraga yang di TV itu, bantu mama beres-beres rumah super oke thu. Ga keluar duit juga kan. Kayak beresin kamar yang berantakan naudzubillah, ngepel, cuci piring, atau bantu papa cuci mobil. Selain rumah lebih rapi ortu jadi tambah sayang sama kita kan, plus kemungkinan uang jajan naik hihi. Kalau mau ngilangin stress, berkebun juga oke banget lho. Lagi emosi daripada mecahin kaca rumah mending juga cabutin rumput liar di kebun. Atau sambil main air menyirami bunga-bunga yang warnanya bisa merilekskan pikiran. Apalagi pas pagi atau sore hari saat matahari lagi hangat. Wah bagus buat kulit dan tulang juga kan.

Dampak males olahraga itu banyak lho. Dari obesitas (NO!), penuaan dini (gyaaaaaa), sampai penyakit jantung (salah satu penyebab kematian terbesar di dunia). Sementara kalau kita rajin (yang penting rutin sih, bukan berarti setiap waktu olahraga terus), wow benefitnya luar biasa. Selain kurus (yippie), juga tubuh sehat, bugar, lebih kuat, wajah cerah (kalau olahraga out door pas lagi panas ga boleh lupa pakai sun block ya), pede-pun melesat naik. Ihiiiiy...
  •  Apa Yang Bisa Kita Makan?
 Kalau urusan makanan sih, ga usah ribet-ribet ya. Tetep makan yang kita suka asal tau diri. Misal kalau kita doyan ngemil, usahakan jangan kelewat sering. Sewajarnya aja ya, jangan sampai menyiksa diri dengan ga ngemil sama sekali. Kalau mau lebih oke, pakai aja ngemil alternatif. Buah-buahan bisa menjadi teman ngemil yang baik lho. Enak, ga pakai bahan-bahan kimia yang aneh-aneh itu, sehat of couse, banyak vitamin, dan bisa bikin tambah cantik! Horee... Selain buat ngemil, buah juga bisa menjadi santapan malam. Tahu sendiri kan salah satu cara diet itu dengan menghindari makan malam-malam. Kalau lapar mendera, nah makan aja si imut buah.

Terus karbohidrat adalah salah satu zat penyebab obesitas. Tapi jangan sekalipun ogah makan karbohidrat! Karbohidrat perlu banget buat energi tubuh kita, penting! Lebih baik kita mengenal jenis-jenis karbohidrat dulu. Ada karbohidrat kompleks alias low-GI ada juga karbohidrat sederhana alias high-GI. Perbedaan kedua jenis karbohidrat ini ada pada proses terurainya dalam perut. High-GI cepat terurai sehingga tubuh juga cepat lapar. Untuk itulah kalau kebanyakan makan karbohidrat High-GI bisa cepat gemuk. Efek parahnya bisa kena diabetes dan penyakit jantung (lagi). Waaaaaah, makanya karbohidrat ini disebut karbohidrat buruk. Karbohidrat High-GI ini bisa ditemui pada roti putih, susu, kentang goreng, dan minuman soda. Sementara yang Low-GI itu lebih lama waktu terurainya, sehingga tidak membuat cepat lapar dan pasokan energi tetap tersedia. Ada di pasta, sayuran, roti gandum, beras merah, ubi, dan jagung. Karbohidrat Low-GI ini disebut juga karbohidrat baik.

Kalau kita kebiasaan makan makanan berkarbo jahat, mungkin sebaiknya kita bisa perlahan mengubahnya menjadi karbo baik. Ga bikin cepet gemuk juga kan, asyik... Tapi kalau yang doyan minum susu jangan khawatir, kita kan masih masa pertumbuhan jadi perlu mengonsumsi si kesempurna kelima ini. Pilih susu yang low-fat high-calcium atau kalau doyan sesekali minum susu kedelai juga oke kok.

Dan tak lupa mengingatkan, rajin-rajin makan sayur! Enak ga enak, sayur itu penting! Hehe ingat serat yang terkandung pada sayur itu bisa memperlancar pencernaan, jadi ga 'penuh' deh.

  • Sarapan

Jangan meremehkan sarapan, penting lho. Porsinya juga jangan cuma seupil. Karena dengan sarapan kita akan mendapat pasokan energi untuk beraktivitas sehingga ga cepet capek. Kalau ga sarapan terus laper, ujung-ujungnya jajan ala kadarnya di sekolah banyak-banyak. Hmmm... Ga bagus itu. Mending kalau ga sempet sarapan di rumah bawa bekal aja ke sekolah terus makan sebelum bel masuk. Ada satu tips sarapan diet ini, makan sayur dulu sebelum makan nasi (karbohidrat-nya). Ini akan membuat perut tak cepat merasa lapar juga.

  • Minum 8 gelas air sehari

Pencernaan lancar, bebas dehidrasi, mencegah penuaan dini, sehat sentosa, jangan remehkan minum air putih. Apalagi kalau sudah makan, minum itu wajib hukumnya. Nah minum aja si air putih (kalau mau), daripada soda atau sirup, penuh gula! Diabetes mengancaaaam...

  • Tidur yang cukup

Aku sih ga tau, tapi katanya kalau keseringan bergadang bisa bikin gemuk. Kalau ngemil terus pas bergadang yaiyalah ga heran.

Nah ya nulisnya sih gampang, tinggal gimana melakoninya hehe. Tapi tenang aja, yang kutulis ini ada sumbernya kok :) . Nah ya untuk diet yang lebih lanjut sebaiknya Anda mengkonsultasikan hal itu kepada dokter masing-masing oke.

Selamat diet, selamat sehat :)

1 komentar:

  1. Mau tau cara menguruskan badan dengan terapi air putih?
    Sangat sederhana, tidak diperlukan diet makanan, olahraga berlebihan dan obat.
    Hanya dengan terapi air putih saja, untuk info selanjutya email ke alamiherbal79@gmail.com. Sertakan data diri; nama, usia, daerah asal, berat dan tinggi badan.

    BalasHapus

ada comment ada senyum :)